lay up

November 3, 2009 at 2:06 pm (Halaman Olahraga, Tugas Kuliah)

Analisis Gerakan pada Teknik Lay- Up

Pada teknik Lay-Up

Gerak lurus beraturan ini terjadi pada saat awalan lari sebelum akhirnya melakukan lompatan untuk lay-up. Gerak berputar terjadi pada sendi – sendi putar yang digerakkan untuk menghasilkan suatu gerakan kedepan atau dari satu titik ke titik yang lain. Sendi – sendi yang berputar ini adalah sebagai berikut:

  1. Articulatio coxae yang dibentuk oleh caput femoris dan accetabulum.
  2. Articulatio genus yang dibentuk oleh gabungan dari articulatio menisco femoralis lateralis, articulatio menisco tibialis lateralis, articulation menisco femoralis medialis, articulatio menisco tibialis madialis, dan articulatio femoralis patelaris.
  3. Articulatio talocruralis yang dibentuk oleh articulatio maleolli lateralis fibulae, facies articulatio distalis tibiale dan facies articulatio malleolli medialis tibiale.

Pergerakan articulatio tersebut digerakkan oleh atau dipacu oleh beberapa otot yang ada disekitar articulatio tersebut yaitu yang menggerakkan articulatio coxae yaitu muscullus articulatio genus. Dan yang menggerakkan articulatio talocrularis apabila gerakan pergelangan kaki fleksi plantar penggeraknya gastroknemius dan soleus. Fleksi dorsal digerakkan tibialis anterior.

Untuk bagian lengan gerakan berputar ini terjadi pada sendi – sendi yaitu sebagai berikut:

  1. Articulatio humeri yang dibentuk oleh caput humeri dan cavitas glenoidal scapulae. Pada gerakan lay-up ini berputarnya sendi digerakkan oleh otot – otot yaitu sebagai berikut : muscullus deltoid ( serabut – serabut otot ), Coracobrachialis.
  2. Articulatio cubiti yang dibentuk oleh 3 articulatio yaitu
  • Articulatio radioulnaris proximalis dibentuk oleh circumferentia articularis capitulli radii dan incisura radialis.
  • Articulatio humero ulanaris dibentuk oleh trocenthea humeri dan incisura semilunaris ulnae.
  • Articulatio humeri radialis dibentuk oleh capitullum humeri dan fovea capitulli radii.

Kesimpulannya yaitu bahwa dari pergerakan lay-up ini ada kombinasi dari sendi – sendi dan juga otot – otot. Pada gerakan teknik Lay- Up jenis pengukit yang cocok adalah jenis pengungkit dua (gerakan mengangkat tumit).

 

Tinggalkan komentar