tugas

November 3, 2009 at 2:04 pm (Tugas Kuliah)

NAMA : TEDY

NIM : 107161407021

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya, mulai dari perilaku sederhana sampai yang kompleks. Perilaku manusia ada yang disadari, namun ada pula yang tidak disadari, dan perilaku yang ditampilkan seseorang dapat bersumber dari luar ataupun dari dalam dirinya sendiri.

Ilmu psikologi diterapkan pula ke dalam bidang olahraga yang lalu dikenal sebagai psikologi olahraga. Penerapan psikologi ke dalam bidang olahraga ini adalah untuk membantu agar bakat olahraga yang ada dalam diri seseorang dapat dikembangkan sebaik-baiknya tanpa adanya hambatan dan factor-faktor yang ada dalam kepribadiannya. Dengan kata lain, tujuan umum dari psikologi olahraga adalah untuk membantu seseorang agar dapat menampilkan prestasi optimal, yang lebih baik dari sebelumnya.

Menurut Sudibyo Setyobroto, Psikologi olahraga adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku dan pengalaman manusia berolahraga dalam interaksi dengan manusia lain dan dalam situasi-situasi sosial yang merangsangnya. (Sudibyo Setyobroto, 1989)

Sumber : Yunus, Mahmud dan Urai Johanes.1992.Psikologi Olahraga,Depdikbud : Malang

Olahraga Psikologi adalah ilmu yang berkaitan dengan aspek mental dan emosional dari aktivitas fisik. (http://www.mattkeck.com/sports.html, Sport Psychology)

American Psychological Association mendefinisikan SPORT PSIKOLOGI sebagai (a) kajian terhadap faktor-faktor psikologis dan mental yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh partisipasi dan performa dalam olahraga, latihan, dan kegiatan fisik, dan (b) penerapan pengetahuan diperoleh melalui kajian ini untuk sehari-hari pengaturan.

(http://www.yourdictionary.com/psychology, Definition of Sport Psychology)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: